Apa itu ?? Client-ServerPengertian Client-Server




Apa itu Client server ?? Nah ini dia penjelasannya.
Menurut Nugroho, (2005 : 10) dalam konsep client-server  sebuah aplikasi dapat dianggap sebagai requestor (client) atau dapat juga dianggap sebagai provider (server). Biasanya jumlah client jauh lebih banyak dari jumlah server. Setiap server mampu memberikan layanan kepada banyak client dengan kemampuan yang sama sebagaimana ketika hanya melayani sebuah client.
Dalam client, program berjalan dalam mesin lokal. Permintaan akan dilayani dari sebuah server. layanan akan dimulai saat diperlukan, dan akan diakhiri setelah selesai / lengkap. Urutan proses utama yang terjadi dalam client terdiri atas 4 tahapan sebagai berikut :
1.    Membuka komunikasi
2.    Mengirim permintaan
3.    Menerima jawaban / respon
4.    Menutup channel
Dalam server, aplikasi berjalan pada sebuah remote machine. Server memberikan layanan kepada client ketika ada permintaan dari client, misal merespon sebuah permintaan. Program dalam server akan selalu berjalan sembari menunggu permintaan dari client.
Konsep client-server memerlukan adanya sistem pengalamatan. Client yang meminta layanan ke server harus memiliki alamatnya sendiri dan menentukan alamat server yang dituju. Dengan demikian, server yang dituju akan memberikan respon berdasarkan dua alamat tersebut.
Keunggulan Tipe Jaringan Client-Server :
1.    Terdapat seorang asebagai administartor jaringan yang bertugas mengelola system kemanan dan adminsitrasi jaringan, sehingga system kemanan dan administrasi jaringan akan lebih terkontrol.
2.    Komputer server dapat difungsikan sebagai pusat data, komputer client dapat mengakses data yang ada dari komputer client manapun. Apabila terdapat komputer client yang rusak, pengguna masih dapat mengakses data dari komputer client yang lain.
3.    Pengaksesan data lebih tinggi karena penyediaan dan pengelolaan fasilitas jaringan dilakukan oleh komputer server. Dan komputer server tidak terbebani dengan tugas lain sebagai workstatsion.
4.    Pada tipe jaringan client-server system backup data lebih baik, karena backup data dapat dilakukan terpusat di komputer server. Apabila data pada komputer client / workstation  mengalami masalah atau kerusakan masih tersedia backup pada komputer server.
Kelemahan Tipe Jaringan Client-Server :
1.    Membutuhkan biaya yang mahal, karena membutuhkan sebuah komputer yang memiliki kemampuan yang tinggi yang difungsikan sebagai komputer server.

2.    Kelancaran jaringan tergantung pada komputer server. Bila komputer server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.

Terimakasih sudah berkunjung sobat.


Baca juga  Contoh Program Delphi Percabangan Bersarang

1 Response to "Apa itu ?? Client-ServerPengertian Client-Server"

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete